Kamis, 22 Oktober 2009

SEKILAS "KULTUR JARINGAN" ANGGREK

Anggrek.Org
Situs Forum Pecinta Anggrek Indonesia (anggrek@yahoogroups.com)
--------------------------------------------------------------------------------
« Kenapa Penyakit bisa muncul pada AnggrekJasa Kultur Jaringan »Sekilas “kultur jaringan” anggrek
Perkembangan kultur jaringan di Indonesia terasa sangat lambat, bahkan hampir dikatakan jalan di tempat jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya, tidaklah heran jika impor bibit anggrek dalam bentuk ‘flask’ sempat membanjiri nursery-nursery anggrek di negara kita. Selain kesenjangan teknologi di lini akademisi, lembaga penelitian, publik dan pecinta anggrek, salah satu penyebab teknologi ini menjadi sangat lambat perkembangannya adalah karena adanya persepsi bahwa diperlukan investasi yang ’sangat mahal’ untuk membangun sebuah lab kultur jaringan, dan hanya cocok atau ‘feasible’ untuk perusahaan.

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa, salah satunya adalah anggrek, diperkirakan sekitar 5000 jenis anggrek spesies tersebar di hutan wilayah Indonesia. Potensi ini sangat berharga bagi pengembang dan pecinta anggrek di Indonesia, khususnya potensi genetis untuk menghasilkan anggrek silangan yang memiliki nilai komersial tinggi. Potensi tersebut akan menjadi tidak berarti manakala penebangan hutan dan eksploitasi besar-besaran terjadi hutan kita, belum lagi pencurian terang-terangan ataupun “terselubung” dengan dalih kerjasama dan sumbangan penelitian baik oleh masyarakat kita maupun orang asing.

Sementara itu hanya sebagian kecil pihak yang mampu melakukan pengembangan dan pemanfaatan anggrek spesies, khususnya yang berkaitan dengan teknologi kultur jaringan. Tidak dipungkiri bahwa metode terbaik hingga saat ini dalam pelestarian dan perbanyakan anggrek adalah dengan kultur jaringan, karena melalui kuljar banyak hal yang bisa dilakukan dibandingkan dengan metode konvensional.

Secara prinsip, lab kultur jaringan dapat disederhanakan dengan melakukan modifikasi peralatan dan bahan yang digunakan, sehingga sangat dimungkinkan kultur jaringan seperti ‘home industri’. Hal ini dapat dilihat pada kelompok petani ‘pengkultur biji anggrek’ di Malang yang telah sedemikian banyak.

Beberapa gambaran dan potensi yang bisa dimunculkan dalam kultur jaringan diantaranya adalah :

Kultur meristem, dapat menghasilkan anggrek yang bebas virus,sehingga sangat tepat digunakan pada tanaman anggrek spesies langka yang telah terinfeksi oleh hama penyakit, termasuk virus.
Kultur anther, bisa menghasilkan anggrek dengan genetik haploid (1n), sehingga bentuknya lebih kecil jika dibandingkan dengan anggrek diploid (2n). Dengan demikian sangat dimungkinkan untuk menghasilkan tanaman anggrek mini, selain itu dengan kultur anther berpeluang memunculkan sifat resesif unggul yang pada kondisi normal tidak akan muncul karena tertutup oleh yang dominan
Dengan tekhnik poliploid dimungkinkan untuk mendapatkan tanaman anggrek ‘giant’ atau besar. Tekhnik ini salah satunya dengan memberikan induksi bahan kimia yang bersifat menghambat (cholchicine)
Kloning, tekhnik ini memungkinkan untuk dihasilkan anggrek dengan jumlah banyak dan seragam, khususnya untuk jenis anggrek bunga potong. Sebagian penganggrek telah mampu melakukan tekhnik ini.
Mutasi, secara alami mutasi sangat sulit terjadi. Beberapa literatur peluangnya 1 : 100 000 000. Dengan memberikan induksi tertentu melalui kultur jaringan hal tersebut lebih mudah untuk diatur. Tanaman yang mengalami mutasi permanen biasanya memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi
Bank plasma, dengan meminimalkan pertumbuhan secara ‘in-vitro’ kita bisa mengoleksi tanaman anggrek langka tanpa harus memiliki lahan yang luas dan perawatan intensif. Baik untuk spesies langka Indonesia maupun dari luar negeri untuk menjaga keaslian genetis yang sangat penting dalam proses pemuliaan anggrek.
This entry was posted on Wednesday, March 22nd, 2006 at 8:59 and is filed under Perawatan & Budidaya. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
85 Responses to “Sekilas “kultur jaringan” anggrek”Pages: « 1 [2] Show All

51yoxx Says:

December 5th, 2007 at 12:48
terimaksih atas infonya…

52ra Says:

December 9th, 2007 at 11:40
ya, memang di Indonesia masih jarang yang nggunain kuljar. bagaimana mau nggunain cara itu, bahanya ada tidak ada dan kalaupun ada harganya mahal banget dan susah nyarinya. saya mau memperbanyak anggrek spesies saya tapi bagaimana? apakah ada jalan lain selain kuljar? anggrek spesies saya kebnykn phalnpsis dan dendro. mohon saranya

53wibowo Says:

February 6th, 2008 at 11:07
Salam kena, menarik sekali bisa bergabung di sini, saya ingin memperkenalkan sekaligus menginformasikan bahwa kami mempunyai lab kultur jaringan dan menrima jasa pembuatan materi tanaman dari teknik kultur jaringa. lab kami posisi ada di Jogjakarta. Beberapa komoditas yang telah bisa kami coba diantaranya cendana, bambu, anthurium (genmanni, golok dan corong) dan komoditas panili. Apabila ada yang tertarik bisa menghubungi alamat email di atas atau no telpn 02747888728/08170436733.

54Lia Says:

February 6th, 2008 at 12:49
KURSUS KULTUR JARINGAN TANAMAN SKALA RUMAH TANGGA.
Diadakan oleh PKA, Fak. Pertanian UPN “Veteran” Yk.
Pelaksanaan tgl 7,8,9 Maret 2008.
Jam 09.00 – 15.00.
Tempat di Lab. Kultur Jaringan Tanaman, Fak Pertanian UPN “Vet” Yk.
Biaya Rp. 1.400.000,-/ orang.
Pendaftaran di PKA Fak Pertanian (0274)486693, Ringroad Utara ConCat, Yk. Bisa juga via Rekening BNI CAPEM UGM atas nama HIDAYATI NINGSIH dengan rekening 38941149. Atau Hub: 081392985313/081931713557 (Lia). Ari: 08562900200
Fasilitas: Buku Kuljar, Buku Penunjang lain, Handout kursus, Kursus-kit, Bahan kursus, makan siang.
Materi: Kuljar Anggrek, Anthurium, Aglaonema dan Sansevierea. Pembuatan Media tanam (kimia dan alami/ alternatif), Sterilisasi (eksplan, media, peralatan,dll), aklimatisasi anggrek, diskusi dan konsultasi.
Bagi yang ingin mencoba tanaman lain, dapat membawa bahan eksplannya sendiri.
Kami melakukan pembimbingan dan konsultasi saat kursus, setelah selesai peserta kursus tetap dapat berkonsultasi GRATIS secara langsung maupun via sms dengan TIM kami bila mengalami kesulitan di dalam prakteknya.

55Ramdlan Says:

February 10th, 2008 at 15:44
Salam kenal. Saya tinggal di bandung. Barangkali ada yang tau informasi kursus/training kultur jaringan di daerah bandung atau lembang.
Terimakasih.

56dudi riswandi Says:

March 6th, 2008 at 9:51
Salam kuljar
ada yang saya ingin ketahui apakah tanaman hasil kulturjaringan sama dengan tanaman hasil tempelan atau okulasi khusus tanaman hortikultura, dimna kita ketahui bersama tanaman hasil okukasi mempunyai keunggulan cepat berbuah dan buahnya sama dengan tanaman induknya,
Terimakasih

57Jajang Says:

March 13th, 2008 at 11:26
Salam semua..Jika punya koleksi anggrek bisa tukaran, saya punya dendrobium dan anggrek lainnya, Jika ada kawan2 yang mau belajar kultur jaringan dari A sampai Z, saya buka kursus Kultur jaringan, biayanya untuk kelas khusus ( tanaman khusus ) hanya 500 ribu, untuk kelas umum ( semua jenis tanaman) hanya 1 juta, hubungi saya di 085261637102 (tempat kursus di wilayah sumatera utara, Tebing tinggi), kelas berjalan hari sabtu dan minggu, ( sabtu jam 13.00 sampai 18.00) minggu, jam 12.00 sampai 18.00 ) Good luck..Dapat ilmu, bisa buka usaha, saat ini sedang trend, bisa aplikasi untuk pembibitan kelapa sawit unggul dengan kultur jaringan..
Wassalam…

58Lia Says:

March 19th, 2008 at 13:52
KURSUS KULTUR JARINGAN TANAMAN SKALA RUMAH TANGGA.
Diadakan oleh PKA, Fak. Pertanian UPN “Veteran” Yk.
Pelaksanaan tgl 26 April 2008.
Jam 09.00 – 15.00.
Tempat di Fak Pertanian UPN “Vet” Yk.
Biaya Rp. 450.000,-/ orang.
Pendaftaran di Ruang Informasi Fak Pertanian (0274)486693, Ringroad Utara ConCat, Yk. Bisa juga via Rekening BNI CAPEM UGM atas nama HIDAYATI NINGSIH dengan rekening 38941149. Atau Hub: 081392985313 (Lia). Ari: 08562900200

Fasilitas: Buku Kuljar, Buku Penunjang lain, Handout kursus, Kursus-kit, Bahan kursus, makan siang.
Materi: Teori dan praktek kultur jaringan tanaman hias. Pembuatan Media tanam (kimia dan alami/ alternatif), Sterilisasi (eksplan, media, peralatan,dll), diskusi dan konsultasi.

59wayan Says:

March 23rd, 2008 at 5:18
saya sudah pernah kursus kuljar tetapi saya kesulitan mendapatkan bahan kimia apakah dapat dibantu pembeliannya mohon informasinya berapa harga dan siapa yang dihubungi?
Tks.

60debby cute Says:

March 30th, 2008 at 17:41
mbak perbanyak lah

61Teguh K Says:

April 3rd, 2008 at 12:53
Salam Kuljar

saya mahasiswa di Universitas Swasta di Yogyakarta.
saya mempunyai kendala dalam mata kuliah Kultur Jaringan.
Setiap melakukan penanaman kok gagal terus ya, padahal ruangan dan alat-alatnya sudah saya strelisasi. Lalu pada saat penanaman sudah menggunakan enkas…. ada lampu UVnya juga, di enkasnya juga sudah saya kasih formalin…
tetapi tetap saya terkontaminasi……

saya menanam anggrek……

tetapi saat juga menanam wortel, tetapi tidak di enkas. hanya di ruangan biasa. saya menggunakan strelisasi flambir dan kimia….
tapi hasilnya kok jadi hitam ya…
kayak gosong gitu…..

mohon sarannya ya dan jawabanya….

sebelumnya saya ucapkan terimakasih…..

62trevor Says:

April 5th, 2008 at 12:17
penjelasannya sudah baik, tapi kok nggak ada gambarnya. kan lebih mudah dipahami kl ada gambarnya.

63Parno Says:

April 15th, 2008 at 20:38
Klo ada yg minat tentang KUL-JAR atau yg butuh alat alat lab seperti LAMINAR AIR FLOW atau SHAKER bahan kimia dan perlengkapan lab bisa menghubungi kami:SANDERIANA ORCHID,jl.Sawangan elok,durenseribu RT 001/001,sawangan kodya depok.Phone/fax 0251-613490,HP 08561389044,kami juga ada kebun anggrek dan lab kultur jaringan alamat kebun dan lab ada di atas tepatnya di parung.

64aan Says:

April 24th, 2008 at 19:48
saya ingin informasi tentang tempat pelatihan / Kursus singkat kultur jaringan skala rumah tangga.yang berlokasi di daerah Jabodetabek.TQ

65elin Says:

April 28th, 2008 at 13:35
saya kerja di Dinas Pertanian dan Peternakan Banten akan membuat laboratorium kultur jaringan tolong informasinya mengenai luas , bentuk dan syarat lainnya kirin lewat e-mail saya terimakasih

66rifky Says:

May 4th, 2008 at 0:28
ass …..
salam kuljar,, buat rekan – rekan yang tertarik untuk ikut pelatihan kuljar yang murah di jakarta, coba aja kunjungi situs http://www.freewebs.com/tcstation/
wass

67dekos Says:

May 17th, 2008 at 10:09
Saya pencinta/pemulia anggrek dan alhamdulillah telah membuat lab kuljar kecil 2 an dengan alat yang dimodifikasi sendiri, diantaranya mesin pengguncang, pengatur suhu ruangan, auto claf. Bagi yang membutuhkan informasi mangga hubungi swara_koe@yahoo.co.id. Tapi please saya butuh informasi pemasaran/penjualan bibit botolan …

68a achmadi Says:

May 26th, 2008 at 8:49
kami di sekolah sedang mengembangkan kuljar. tolong alamat toko kimia yang menjual bahan media dan hormon di mana ?
atas bantuannya sebelumnya saya sampaiakan erima kasih.

69Setiyo Says:

June 13th, 2008 at 16:19
Salam, saya tertarik untu mengikuti pelatihan/kursus kultur jaringan, ada yang punya informasi dimana? dan kapan ?sekalian juga kalo ada informasi dimana bisa mendapatkan literatur, peralatannya beserta media dan sarana penunjangnya. terima kasih sebelumnya

70syamiE Says:

June 14th, 2008 at 1:19
Salam sejahtra….. tolong saya lagi butuh info jenis anggrek apa yang di butuhkan masyarakat RIAU.

71yani Says:

July 7th, 2008 at 14:16
assalamu alaikum, saya ingin menanyakan bagaimana cara penanaman anggrek yang baik agar bebas kontaminasi

72jane Says:

July 11th, 2008 at 14:09
Assalamualaikum
bagaimana sih cara bikin kultur jaringan bagi orang awam seperti saya tolong nih kirim keemail saya mr_mooz99@yahoo.com
makasih

73aswin Says:

July 19th, 2008 at 19:21
kultur jaringan kelapa sawit mohon informasikan

74arby Says:

August 30th, 2008 at 13:18
adakah kemumgkinan soal meristem digabungkan dari 2 tanaman sebagai pengganti cangkok atau okulasi….kemungkinan munculnya kalus………………

75setiyo Says:

September 25th, 2008 at 23:44
Salam kenal,

saya tertarik untuk mengikuti kursus kuljar skala rumah tangga, untuk diarea jabotabek dimana ya? kapan ? biayanya berapa ya ? terima kasih sebelumnya.

76Mahdi ananda, SP Says:

November 4th, 2008 at 22:09
Buat Semua Pecinta Kultur Jaringan

Saya adalah Distributor Bahan kimia khusus Kultur jaringan
Dimana bahan kimia yang kami pegang adalah ” Duchefa Biochemical plant cell culture” dari Belanda
Duchefa biochemical terdiri dari :
1. kimia siap jadi (MS, Vacint, VW, CHU, Shenk dll)
2. Kimia tersendiri (NH4NO3, KNO3, KOH, Cacl, MgSO4, KH2PO4
3. Hormon dan ZPT ( IBA, IAA, Kinetin, 2,4D, Ga3, TDz dll
4. Anti biotik
5. Energi ( sukrose, glukose, fruktose
6. Pemadat ( Agarose, mikro agar, Gelrite phyto agar dll

Selain itu kami juga bisa membantu alat” kebutuhan kultur jaringan seperti :
1. Laminar air Flow cabinet (lokal dan luar)
2. Autoclave
3. balance
4. Ph meter
5. Peralatan tanam (glass ware, pipet, scalpel, forcep dll
5. Rak kultur
7. dll

Untuk mendapatkan Catalog Dari ” Duchefa Biochemical Plant Cell and Tissue kulture” silahkan hubungi kami

untuk informasi lebih lanjut hubungi kami:
Mahdi Ananda,SP
email : mahdianandass@yahoo.com
fax : 0251-7522060
phone : 08197593363 / 081318169558

77tasya Says:

January 3rd, 2009 at 13:55
bagaimana perkembangan kultur proto plasma di indonesia and gimana mendesain laboratorium kultur jaringan yang baik?..

78yulia Says:

January 23rd, 2009 at 15:31
bagaimana sih tau cara buat kultur jaringan saya masih merasa tak tau apa-apa?JAWBANYA KE EMAIL YAH TERIMA KASIHHHH

79abdur Says:

February 15th, 2009 at 12:26
salam kenal, saya sangat tertarik dengan kultur jaringan tanaman hias anggrek, khususnya secara kultur anther. berarti kita dapat menghasilkan tanaman dengan genom 1/2 dari genom induknya atau disebut haploid ya? jadi apakah tanamananggrek yang 1n itu dapat menghasilkan biji dan bila dapat apakah biji tersebut dapat tumbuh seperti biji dari bunga anggerek yang normal?

80budi Says:

February 23rd, 2009 at 12:45
Mohon diberikan penawaran harga media kultur jaringan kealamat email saya hr_rocla@yahoo.co.id

81hasbullaH Says:

March 11th, 2009 at 20:49
Hi… salam kenal, q orang baru yang mulai tertarik dengan hal2 demikian. smga qt semua dapat ambil andil dalam perkembangannya kedepan.. sukses buat semua

82rengga Says:

July 30th, 2009 at 21:17
hii… met malem… disini saya ingin menanyakan.. apa itu sterilisasi flambir?
tolong kasih tahu saya bila ada yang tahu..
trims

83darjadi Says:

August 13th, 2009 at 10:47
saya mohon alamat tentang tempat pelatihan / Kursus singkat kultur jaringan skala rumah tangga.yang berlokasi di daerah Jabodetabek.TQ

84utama Says:

August 15th, 2009 at 3:35
Thx ya lumayan bwt tugas biologi

85linda Says:

October 14th, 2009 at 13:51
tlong ya di kasih proses kultur jaringanya
jagn hnya keteranganya saja.
soalnya kami butuh prosesnya
tak tnggu hingga besuk ya
trimkasih

Pages: « 1 [2] Show All

Leave a Reply Name (required)

Mail (will not be published) (required)

Website




Categories
Agenda

Barter

Botany

Bursa Jual Beli

Jenis Anggrek

Coelogyne

Cymbidium

Dendrobium

Grammatophyllum

Hybrid

Paphiopedilum

Phalaenopsis

Vanda

Konservasi

Orchid in Nature

Perawatan & Budidaya

Profil

Varietas Unggul Nasional/Lokal

Warna-Warni



--------------------------------------------------------------------------------
©2008 Copyright Anggrek.Org.
Powered by WordPress

Entries (RSS) | Comments (RSS)
Valid XHTML | XFN
Desain Web oleh Prima
Keanggotaan Tentang kami
Hubungi Kami
Direktori
Nursery
Archives
June 2009 July 2008 April 2008 February 2008 January 2008 November 2007 September 2007 August 2007 July 2007 June 2007 April 2007 March 2007 February 2007 January 2007 December 2006 November 2006 October 2006 September 2006 August 2006 July 2006 April 2006 March 2006 January 2006 December 2005 November 2005

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar